Mahasiswa KKS Tematik IAIN Sultan Amai Gorontalo Siap Mengabdi Di Kabupaten Gorontalo

“Kolaborasi IAIN Sultan Amai Gorontalo dan Pemkab Gorontalo, Membangun Desa Religius dan Bersinar”

IAINSAG (HUMAS) – Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Sosial (KKS) Tematik Tahun Akademik (TA) 2022/2023, secara resmi diterima Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten (Kab) Gorontalo.

Bertempat di Kantor Bupati Kabupaten Gorontalo, Rabu (08/02/2023), mahasiswa peserta KKS-T IAIN Sultan Amai Gorontalo ini disambut Bupati Kabupaten Gorontalo, Prof. Nelson Pomalingo yang diwakili oleh Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Pemda Kab. Gorontalo, Dr. Darwin R. Sjahrain, M.E.

Turut mendampingi para mahasiswa, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) IAIN Sultan Amai Gorontalo, Dr. Muh. Rusli, M.Fil.I., Ketua Panitia KKS-T Dr. Nazar Husain, HPW., M.Phil., dan Dosen Pembimbing IAIN Sultan Amai Gorontalo.

Asisten III Dr. Darwin R. Sjahrain, M.E., menyambut baik kehadiran Mahasiswa peserta KKS-T IAIN Sultan Amai Gorontalo di daerahnya. Menurutnya, kegiatan KKS-T seperti ini merupakan wujud kolaborasi, kerjasama, dan juga jalinan silaturahim yang kuat antara Pemda Kab. Gorontalo dengan IAIN Sultan Amai Gorontalo.

“Kami atas nama pemerintah daerah, mengucapkan terima kasih kepada IAIN Sultan Amai Gorontalo yang telah memilih Kabupaten Gorontalo menjadi lokasi pelaksanaan KKS-T. Kami berharap para mahasiswa dapat membangun komunikasi yang efektif dengan pemerintah kecamatan dan pemerintah desa,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, bahwa saat ini desa banyak program yang begitu menggeliat kegiatannya, karena adanya dana desa yang merupakan salah satu program pemerintah yang dikucurkan ke desa untuk meningkatkan akselerasi pembangunan yang ada ditingkat desa.

“Ini kesempatan bagi adik-adik untuk berkolaborasi dengan pemerintah desa dalam rangka meningkatkan pembangunan di tingkat desa,” imbuhnya.

Dengan kehadiran mahasiswa peserta KKS-T di daerahnya, ia berharap mahasiswa peserta KKS-T dapat membantu desa minimal dalam dua hal, yaitu berkolaborasi dengan pemerintah desa dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik dan memperbaiki data-data yang ada di desa.

“Ini sesuatu hal yang sangat simple, tetapi kalau itu bisa dilakukan dengan baik, ini sesuatu hal yang sangat luar biasa,” bebernya.

Sementara itu, Ketua LP2M IAIN Sultan Amai Gorontalo Dr. Muh. Rusli, M.Fil.I., berharap dalam membangun Desa Religius dan Bersinar (Bersih dari narkoba) sebagaimana tema yang diusung KKS-T bisa terwujud, diharapkan kontribusi IAIN Sultan Amai Gorontalo tidak hanya terbatas dibidang religius, tetapi juga bisa pada wilayah sosialisasi untuk pencegahan narkoba itu sendiri.

“Atas nama Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo beserta jajarannya, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat mengucapkan terima kasih banyak atas penerimaannya. Kami sangat bersyukur bisa diterima di Kab. Gorontalo untuk KKS-T tahun ini,” tuturnya.

Sebelumnya dihari yang sama, bertempat di Aula Rektorat Kampus 2 IAIN Sultan Amai Gorontalo, Rabu (08/02/2023), para mahasiswa peserta KKS-T dilepas secara resmi oleh Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo, Dr. H. Zulkarnain Suleman, M.HI.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, saya Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo, melepas 1.063 mahasiswa KKS-T menuju lokasi pengabdian masing-masing,” ucap Rektor. (HMS/YN)

 

https://iaingorontalo.ac.id/mahasiswa-kks-tematik-iain-sultan-amai-gorontalo-siap-mengabdi-di-kabupaten-gorontalo/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *